HIDUP ADALAH PERJUANGAN TANPA HENTI-HENTI

Wednesday 17 April 2013

Musik Rap Bikin Otak Lebih Kreatif

Musik rap seringkali diidentikkan dengan kesan urakan yang terlihat dari gaya berbusana para rapper.
Padahal, penelitian terkini membuktikan, aliran musik yang satu ini memiliki manfaat besar bagi kesehatan.

Sebuah penelitian dari National Institute of Deafness and Other Communication Disorders, National Institutes of Health menyebutkan, musik rap mampu mengaktifkan bagian otak yang berkaitan dengan kreativitas dan lahirnya ide-ide cemerlang.

Manfaat ini lebih banyak diperoleh dari aliran freestyle rap, yaitu cabang dari budaya hip-hop yang mengandalkan spontanitas dan improvisasi dalam merangkai lirik.

Kesimpulan ini didapat dari riset dengan menggunakan alat Functional Magnetic Resonance Imaging (FMRI) yang memantau aktivitas otak para freestyle rapper.

Para peneliti menemukan setiap lirik yang diciptakan secara spontan, penuh improvisasi, dan dibuat tanpa konsentrasi penuh, dapat meningkatkan aktivitas di area frontal cortex dalam otak. Area otak ini bertanggung jawab penuh atas munculnya kreativitas dan ide-ide brilian.

Seperti dilansir Huffington Post, penelitian ini dilakukan terhadap 12 orang rapper. Selama para rapper membuat lirik dan latihan untuk tampil di atas panggung, aktivitas otak mereka direkam dan dipantau dengan lesin FMRI.

Hasil pengamatan menunjukkan, nge-rap juga mampu meningkatkan kinerja bagian otak yang mengatur motivasi, aksi, bahasa, emosi, dan kemampuan motorik.

Kondisi ini diduga terjadi karena untuk menjadi rapper berbakat, seseorang harus mampu mengeluarkan ide-ide baru dan seringkali secara spontan agar menghasilkan rangkaian lirik yang penuh permainan kata.

No comments:

Post a Comment